Kamis, 02 Maret 2017

DIBALIK KEUNGGULAN MIE INSTAN INDOMIE, Oleh : Febriliana Wulandari (151005796)


Laporan 3
DIBALIK KEUNGGULAN MIE INSTAN INDOMIE
Oleh : Febriliana Wulandari (151005796)

Perubahan gaya hidup telah mempengaruhi pola konsumsi masyarakat. Salah satumya adalah perubahan pola konsumsi cepat saji yang dipilih oleh masyarakat. Salah satu perubahan pola konsumsi itu adalah digemarinya mie instan yang dianggap sebagai makanan pengganti nasi. Produk mie instan ini semakin hari semakin dianggap menjadi makanan pilihan konsumen, karena selain praktis juga harga mie instan terjangkau. 
        

Melalui survei yang dilakukan terhadap 31 responden, mie instan Indomie berhasil menduduki peringkat 1 merek yang paling dipilih oleh konsumen sebanyak 87,1% dari 31 responden memilih produk Indomie dengan intensitas pembelian sebanyak 2 kali dalam seminggu sebanyak 41,9% dari 31 tesponden. Adanya, label ‘lalal’ juga menjadikan Indomie sebagai merek mie Instan yang paling sering dibeli oleh konsumen. Selain hal itu, adanya strategi 4p  membuat Indomie sebagai produk yang sering dibeli konsumen. Strategi 4p tersebut seperti:
1.     Product
Banyaknya pilihan rasa yang disajikan oleh Indomie membuktikan bahwa produk ini sangat digemari oleh konsumen karena dengan begitu konsumen dapat bebas memilih rasa yang disukai, serta adanya ukuran mie jumbo yang disajikan oleh produk ini.
2.     Price
Selain Indomie dapat dibeli dalam 1 kardus, Indomie juga dapat dibeli dalam bentuk eceran dan harga yang terjangkau membuat produk ini digemari oleh konsumen.
3.     Place
Jaringan PT. Indofood yang meluas sampai menembus sudut-sudut kepualauan serta dapat melayani masing-masing area geografis Indonesia. Dimana membuat masyarakat dimanapun berada dan bertempat tinggal dapat membeli Indomie.
4.     Promotion
Untuk dapat mempromosikan produknya agar Indomie dikenal oleh seluruh masyarakat Indonesia serta untuk menarik konsumen agar membeli Indomie, dilakukan beberapa hal seperti:
-        Tagline : Indomie Seleraku
-        Iklan : Iklan Tv, sponsor acara
-        Pembuatan Shop Sign : Spanduk  Nama Burjo dengan tema Indomie untuk setiap Burjo

0 komentar:

Posting Komentar